SELURUH Guru Wajib Tahu, Berikut Arti P1, P2, P3, dan Simbol X atau Y di Pengumuman PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021, Jangan Keliru Membaca -->

SELURUH Guru Wajib Tahu, Berikut Arti P1, P2, P3, dan Simbol X atau Y di Pengumuman PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021, Jangan Keliru Membaca

Selasa, 21 Desember 2021

Opinirakyat.org  -   Berikut penjelasan arti P1, P2, dan P3 pada pengumuman PPPK Guru tahap 2 tahun 2021 yang keluar hari ini supaya tidak keliru membacanya.


Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru tahap 2 tahun 2021 sudah keluar hari ini, peserta seleksi P3K Guru bisa cek melalui SSCASN atau gurupppk.kemdikbud.go.id.


Pada surat edaran pengumuman PPPK Guru tahap 2 terdapat beberapa kolom dan kode seperti P1, P2, P3, serta beberapa kode lainya seperti X dan Y.


Bagaimana cara mengartikan kode P1, P2, P3, serta X dan Y yang tertera pada pengumuman P3K Guru tahap 2 ini.


Setiap kode pada lampiran pengumuman PPPK Guru mulai P1 P2 atau P3 memiliki arti yang berbeda, peserta harus memahaminya.


Berikut ini penjelasan arti kode P1 P2 P3 dan simbol X atau Y dalam pengumuman PPPK Guru Tahap 2


P1 = Lulus berdasarkan passing grade 1 (passing grade awal yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud)


P2 = Bapak/Ibu Guru honorer umur di atas 50 Tahun (Kompetensi teknis tidak dihitung, passing grade managerial sosio kultural dan wawancara diturunkan)


P3 = Hanya kompetensi teknis yang passing gradenya diturunkan


X = Kode dari sekolah induk


Y = Kode bukan dari sekolah induk.


Selanjutnya peserta dengan kode Y-P1, Y-P2, Y-P3 memiliki arti dinyatakan lolos ambang batas berdasarkan kategori masing-masing yang didaftar, namun tidak lolos tahap 1 karena tidak mendapat formasi.


Pelamar dengan kode di atas bisa menggunakan nilai tahap 1 untuk tahap 2 dan 3. Dengan ketentuan memilih jabatan dan formasi yang sama saat pada tahap sebelumnya.


Karena perlu diketahui, untuk tahap kedua akan ditentukan menggunakan nilai paling tinggi yang didapat peserta seleksi PPPK Guru.


Sebagai informasi tambahan beberapa guru ini bisa lolos dengan mudah PPPK Guru seperti, guru honorer yang mempunyai sertifikat pendidik.


Kemudian, peserta merupakan lulusan Pendidikan Profesi Guru atau PPG. Kedua kategori tersebut berpeluang lolos karena sudah tidak ada pengujian formasi.


Hanya perlu memenuhi nilai sosial kultural dan wawancara, pada tahap atau langkah seleksi selanjutnya.