SILAHKAN Catat! Inilah Jadwal dan Syarat Pengangkatan Penetapan Nomor Induk PPPK Non Guru 2021 -->

SILAHKAN Catat! Inilah Jadwal dan Syarat Pengangkatan Penetapan Nomor Induk PPPK Non Guru 2021

Minggu, 07 November 2021

Opinirakyat.org - Alhamdulillah Selamat kepada peserta yang telah lolos seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru tahun 2021. Tahap selanjutnya adalah pengangkatan atau penetapan nomor induk (NI) PPPK Non Guru tahun 2021?


Kapan pengangkatan atau penetapan nomor induk (NI) PPPK Non Guru tahun 2021 dilakukan? Apa saja syarat pengangkatan atau penetapan nomor induk (NI) PPPK Non Guru tahun 2021?


Seperti diketahui, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Non Guru diikuti 39.880 peserta. Presentase kelulusan peserta seleksi kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021 tahap 1 yang memenuhi ambang batas mencapai 40% dengan jumlah 3.335 peserta lolos PG. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.088 peserta dinyatakan memenuhi ambang batas formasi atau tiga kali formasi jabatan.


Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menginformasikan terkait alur penetapan nomor induk (NI) PPPK Non Guru tahun 2021. Seperti diketahui, peserta yang lolos dan diangkat menjadi PPPK Non Guru 2021 akan mendapatkan nomor induk, yang diterbitkan oleh BKN.


Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN Satya Pratama mengatakan, terdapat penyesuaian jadwal pelaksanaan pengangkatan / penetapan NI PPPK Non Guru 2021. “Iya. (Jadwal terbaru) PPPK Non Guru,” kata Satya saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (7/11/2021).


Perubahan ini terletak pada masa sanggah, jawaban sanggah, dan usul penetapan nomor induk (NI) PPPK. Satya menyampaikan, pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Non Guru dilakukan dua tahap, dengan tahap pertama telah terlaksana pada 29-30 Oktober lalu.


Peserta dapat membuka hasilnya melalui laman SSCASN, dengan login ke akun masing-masing. Sementara itu, usul penetapan NI PPPK Non Guru tahap satu dijadwalkan berlangsung pada 19 November-18 Desember 2021.


Jadwal lanjutan seleksi PPPK Non Guru 2021 tahap 1


  • Pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Non Guru : 29-30 Oktober 2021
  • Masa Sanggah : 3-6 November 2021
  • Jawab Sanggah : 8-15 November 2021
  • Pengumuman Pasca Sanggah : 16-17 November 2021
  • Penyampaian Kelengkapan Dokumen: 18 November - 4 Desember 2021
  • Usul Penetapan Nomor Induk PPPK Non Guru : 19 November-18 Desember 2021

Lantas, bagaimana alur penetapan NI PPPK Non Guru 2021?


Perlu diketahui, penetapan nomor induk (NI) PPPK Non Guru dilaksanakan setelah pemberkasan online melalui sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) melalui laman https://docudigital.bkn.go.id. Setelah itu, BKN pusat melalui Kedeputian SINKA memasukkan formasi dari SSCN ke SAPK.


Peserta lolos dapat mengisi daftar riwayat hidup (DRH), lalu mengunggahnya beserta dokumen lain ke akun SSCN. Selanjutnya, instansi melalui Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) mengangkat calon PPPK, dengan melakukan usul penetapan nomor induk pegawai (NIP).


Tahapan penetapan nomor induk PPPK Non Guru 2021


Instansi membuat usul, menambahkan pelamar ke dalam usul penetapan NI, dan mencetaknya. Lalu, instansi mengunggah berkas pendukung lainnya yang diperlukan dalam penetapan NI oleh BKN.


Sistem DOCUDigital BKN akan mengecek berkas-berlas tersebut, selanjutnya pusat pelayanan terpadu akan melakukan pengecekan pelamar dalam usulan. BKN melalui tim admin melakukan cek berkas per pelamar, dilanjutkan dengan penetapan NIP oleh tim teknis.


Tim admin lalu mengirimkan Pertek (Pertimbangan Teknis) untuk ditandatangani secara digital oleh BKN, dan selanjutnya akan dikirimkan ke DOCUDigital setelah disetujui. BKD (Badan Kepegawaian Daerah) atau Biro Kepegawaian Instansi dapat mengunggah Pertek yang telah disetujui. Setelah semuanya selesai dan disetujui, dilakukan pencetakan SK Penetapan NI PPPK.


Dokumen yang diunggah peserta dan instansi untuk penetapan nomor induk PPPK Non Guru 2021


Terdapat tujuh dokumen yang harus diunggah instnasi dalam pengadaan PPPK Non Guru, yaitu


  • Surat pengangkatan calon PPPK
  • Surat pengantar usul penetapan NI PPPK
  • Nota usul penetapan NI PPPK
  • Surat pernyataan rencana penempatan
  • Penetapan kebutuhan pegawai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)
  • Daftar pelamar yang dinyatakan lulus dan diterima sebagai PPPK
  • Daftar peringkat nilai seluruh peserta ujian

Sementara itu, dalam proses pemberkasan diperlukan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi peserta, sebagai berikut:


  • Pas foto formal berlatar belakang merah
  • Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran
  • DRH yang ditandatangani dan bermaterai
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  • Surat pernyataan lima poin SKCK yang diterbitkan kepolisian
  • Surat keterangan tidak mengonsumsi atau menggunakan narkotika, psikotropika, precursor, dan zat adiktif lainnya

Itulah jadwal dan syarat pengangkatan / penetapan nomor induk PPPK Non Guru tahun 1. Sebagai tambahan informasi, pengumuman seleksi kompetensi PPPK Non Guru tahap 2 dijadwalkan pada 13-14 November mendatang. Untuk usul penetapan NI PPPK Non Guru tahap kedua direncanakan pada 1-31 Desember 2021.