RESMI Sudah Hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap I di Tunda, SELAMAT! Akan Ada Tambahan AFIRMASI Untuk Guru. Simak Penjelasan Nadiem Makarim -->

RESMI Sudah Hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap I di Tunda, SELAMAT! Akan Ada Tambahan AFIRMASI Untuk Guru. Simak Penjelasan Nadiem Makarim

Jumat, 24 September 2021

Opinirakyat.org - Akhirnya terjawab sudah Jadwal hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap pertama resmi ditunda. Pengumuman hasil PPPK Guru 2021 yang sebelumnnya di jadwalkan 24 September 2021, memang dianjurkan penundaan oleh Kemendikudristek.


Perihal penundaan hasil PPPK Guru 2021 tersebut disampaikan Kemendikbudristek  dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI.


"Kami hari ini sudah mengirim surat kepada panselnas, terkait penundaan hasil PPPK Guru tahap I," ujar Iwan, Sekjen Dirjen GTK dalam rapat kerja bersama komisi X DPR RI 23 September 2021


Mendikbudristek juga menyampaikan dalam raker, Pada pelaksanaan seleksi PPPK Guru tahap I, sebanyak 94 ribu atau hampir 100 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia akan segera menjadi ASN.


"Kita patut memberikan tepuk tangan buat mereka, menyelamati mereka, karena perjuangan mereka sungguh sangat luar biasa,” ucap Mendikbudristek 


Akan tetapi, dalam Raker tersebut. Komisi X DPR RI meminta agar perjuangan para guru honorer jangan dipandan sebelah mata, jangan mempersulit dengan seleki PPPK Guru 2021 yang dirasa teramat sulit.


Bagaimana tidak, ada yang guru honorer berumur sudah 50 tahun keatas yang mengajar didesa terpencil dan ketika mengikuti PPPK Guru 2021. Mereka harus menyesuaikan keadaan dengan elektronik yang belum mereka kuasai.


Tentu saja, kurangnya sosialasi membuat guru honorer dipedalaman yang ingin menjadi PPPK Guru 2021 tidak bisa mengikuti perkembangan yang ada.


Akan tetapi perjuangan mereka dalam mencerdaskan anak bangsa, jangan dianggap remeh. Karena sebetulnya itu peran pemerintah yang diambil alih oleh para guru honorer.


Terkait masukan tersebut Komisi X DPR RI, langsung ditanggapi oleh seluruh jajaran Kemendikbudritek dalam rapat kerja.


Mendikbudristek mengatakan terkait seleksi PPPK Guru 2021, Ia akan mengkaji aspirasi guru honorer tentang afirmasi dan sebagainya yang sudah diterima oleh Kemendikbudristek.


"Tidak semua pengabdian guru honorer bisa diukur dengan tes, itu saya sangat setuju. Tapi, kita punya keterbatasan dengan istrumen yang kita pilih saat ini," ucap Nadiem


Lanjutnya, Nadiem Mengatakan, Kemendikbudritek akan memperjuangkan afirmasi untuk kelompok tertentu di guru honorer walaupun itu bukan sepenuhnya keputusan Kemendikbudristek tetapi akan akan kami perjuangkan. Itu janji saya.


Sebelumnya, kritikan bagi Kemendikbudritek juga disampaikan Menurut Wakil Ketua DPR RI Ahmad Muzani.


"persoalan administrasi dan tes penyaringan menjadi kendala bagi para guru honorer untuk menjadi pegawai PPPK. Karena itu dia mengusulkan agar guru honor yang telah mengabdi bertahun-tahun sampai puluhan tahun, seharusnya tidak perlu tes untuk menjadi PPPK," ucapnya


Ahmad Muzani dalam forum group discusion yang diselenggarakan SMA Darul Hikam, di Bandung, Jawa Barat, 21 September 2021 menjelaskan, kebijakan menjadi PPPK Guru 2021 tersebut dapat memberikan kepastian para guru honorer dalam menjalankan profesinya yang telah digeluti selama bertahun-tahun bahkan ada yang sampai puluhan tahun.


Kemudian, untuk jadwal hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap I melalui laman resmi gurupppk.kemendikbud.go.id menjelaskan penundaan tersebut dan meminta para peserta terus memantau perkembangan yang ada.


Demikian informasi penting dari opinirakyat.org mengenai RESMI Sudah Hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap I di Tunda, Akan Ada Tambahan AFIRMASI Untuk Guru? Ini Tanggapan Nadiem Makarim, Semoga ada manfaatnya unutk rekan-rekan guru semua.