BERIKUT Ini Bocoran Hasil PPPK Guru Tahap I yang Ditunda & Cara Cek Pengumuman, Kepada Rekan-Rekan Guru Silahkan Disimak... -->

BERIKUT Ini Bocoran Hasil PPPK Guru Tahap I yang Ditunda & Cara Cek Pengumuman, Kepada Rekan-Rekan Guru Silahkan Disimak...

Minggu, 26 September 2021

Opinirakyat.org -  Hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021 tahap I batal dirilis hari ini (24/9/2021). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan bahwa proses pengolahan nilai seleksi kompetensi masih berlangsung dihngga saat ini.


Mengenai kapan tanggal pasti diumumkannya hasil seleksi PPPK Guru 2021 belum ditetapkan oleh Kemendikbud.


Melalui Pengumuman Nomor : 5363/B/GT.01.00/2021 Kemendikbud mengimbau peserta seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 untuk terus memantau laman gurupppk.kemdikbud.go.id


Pemerintah sebelumnya sempat memberikan bocoran terkait hasil seleksi PPPK Guru 2021 tahap I. Pada seleksi tahap I ini setidaknya terdapat 100.000 guru honorer di Indonesia yang lolos seleksi dan akan diangkat menjadi PPPK.


Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim pada rapat Komisi X DPR Kamis (23/9/2021).


“Jadi berdasarkan hasil seleksi tahap pertama, sekitar 100.000 guru honorer di Tanah Air akan segera diangkat menjadi guru PPPK,” terang Nadiem seperti yang dilansir dari Antara.


Dengan jumlah peserta yang lolos tersebut, Nadiem mengungkapkan setidaknya 30 persen dari 326.476 posisi PPPK Guru telah terpenuhi. Pemerintah tahun ini membuka 506.427 formasi PPPK Guru. Sayangnya, hanya ada 326.476 posisi yang mendapatkan pelamar, sementara 179.771 posisi lainnya kosong pelamar.


Posisi yang kosong pelamar itu mencangkum formasi guru di wilayah terpencil, temasuk Nias Utara, Halmahera Utara, Timor Tengah Selatan, dan daerah-daerah lainnya.


Lebih lanjut, Nadiem optimis bahwa pada seleksi tahap II dan III yang akan diselenggarakan mulai Oktober hingga Desember mendatang akan semakin banyak pelamar untuk mengisi kekosongan posisi tersebut.


Cara Cek Pengumuman PPPK Guru dan Non Guru 2021


Merujuk pengumuman Nomor : 3768/B/GT.01.00/2021 hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 akan dirilis oleh panitia melalui laman gurupppk.kemdikbud.go.id.


Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari Kemendikbud terkait bentuk pengumuman yang dapat diakses oleh masing-masing peserta. Sehingga, peserta disarankan untuk terus memantau laman resmi rekrutmen PPPK Guru 2021 tersebut.


Selain PPPK Guru, pemerintah juga menyelenggarakan rekrutmen PPPK Non Guru 2021. Berbeda dengan PPPK Guru, hasil seleksi kompetensi PPPK Non Guru dapat dipantau melalui sistem live score.


Live score untuk PPPK Non Guru 2021 dapat diakses secara luas melalui channel Youtube resmi milik BKN atau milik titik lokasi termpat ujian dilaksanakan.


Peserta akan menerima link akses dari petugas yang ada di lokasi ujian, atau mengaksesnya secara mandiri melalui Youtube, dengan cara sebagai berikut:

  • Buka Youtube melalui browser atau aplikasi
  • Pada menu search ketik "Live score seleksi kompetensi PPPK 2021" disertai dengan nama titik lokasi beserta tanggal ujian. Contoh: Live Score PPPK 2021 Kanreg Kanreg VII BKN Palembang 15 September 2021.
  • Tekan "enter" atau "search"

Peserta juga dapat mengakses live score melalui channel Youtube Official CAT BKN, dengan langkah-langkah berikut:

  • Melalui Yotube ketik "Official CAT BKN" kemudian klik "search"
  • Klik akun Youtube Official CAT BKN
  • Masuk ke menu video
  • Temukan video live score sesuai dengan seleksi penerimaan, tanggal, dan lokasi ujian. Contoh: Live Score Seleksi Kompetensi PPPK 2021 BKKBN NTT STIKOM 16 September 2021.