Inilah Jadwal Pencairan Dana Bantuan PIP 2021 SD, SMP, SMA dan SMK, Simak Info dari pip.kemendikbud.go.id Berikut -->

Inilah Jadwal Pencairan Dana Bantuan PIP 2021 SD, SMP, SMA dan SMK, Simak Info dari pip.kemendikbud.go.id Berikut

Sabtu, 28 Agustus 2021

Opinirakyat.org -  Berikut informasi mengenai jadwal pencairan dana bantuan Program Indonesia Pinter (PIP) 2021 untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan SMK. Simak penjelasan berikut.


Berdasarkan informasi yang didapat seputarlampung.com dari website pip.kemendikbud.go.id pencairan dana PIP 2021 dari SD, SMP,SMA, dan SMK telah disalurkan sejak Juli 2021.


Untuk pelajar SMA dan SMK pencairan dana bantuan PIP 2021 telah dilakukan terlebih dahulu yakni pada tanggal 31 Juli 2021.


Sedangkan untuk pelajar SD dan SMP pencairan bantuan PIP 2021 telah dilakukan sejak tanggal 5 Agustus 2021.


PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin.


Tujuan dari bantuan ini yaitu untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.


Calon penerima PIP harus memenuhi beberaoa persyaratan seperti peserta didik pemegang KIP, peserta didik yang termasuk keluarga miskin/rentan miskin, serta peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.


Besaran dana yang diterima oleh siswa SD hingga SMK pun beragam mulai dari Rp450.000 sampai Rp1 juta. Berikut besaran dana yang akan diterima siswa SD hingga SMA.


1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;

2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.


Dana PIP yang diberikan dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.


Oleh karena itu, bagi pelajar SD, SMP, SMA dan SMK segera cek data penerima Anda untuk mengetahui informasi pencairan dana bantuan PIP 2021.


Berikut cara cek penerima bantuan PIP 2021 :


- Buka laman pip.kemdikbud.go.id


- Setelah terbuka, maka akan muncul kolom ‘Cari Penerima PIP’


- Isi data NISN, tanggal lahir, bulan, dan tahun, serta nama Ibu Kandung


- Klik cari, lalu informasi mengenai penerima dapat dilihat.***