SELAMAT Semoga Berkah Bun, Mulai 2021 Guru Honorer Jadi ASN, Nadiem Jamin Syarat Mudah, Semua Guru Honorer dan Tendik Diangkat TANPA TERKECUALI -->

SELAMAT Semoga Berkah Bun, Mulai 2021 Guru Honorer Jadi ASN, Nadiem Jamin Syarat Mudah, Semua Guru Honorer dan Tendik Diangkat TANPA TERKECUALI

Senin, 05 Juli 2021

Opinirakyat.org -  Pendaftaran seleksi calon guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pun membeberkan berbagai keuntungan yang nantinya akan diterima guru honorer dengan mengikuti seleksi ini.


Nadiem menjelaskan beberapa hal positif yang ingin dicapainya melalui penjaringan guru PPPK ini adalah kesejahteraan guru. Dengan seleksi ini, status honorer akan berubah menjadi PPPK.


"Perubahan status dari honorer ke ASN PPPK akan membawa jaminan kesejahteraan ekonomi bagi guru, yang meliputi gaji dan tunjangan profesi," tutur Nadiem, dikutip detikEdu dari laman resmi Kemdikbud, Senin (5/7/2021).


Selain itu, perubahan status bagi guru juga dapat meningkatkan jumlah partisipasi guru dalam mengikuti program-program peningkatan kompetensi dan sertifikasi. Hal ini penting untuk jaminan ekonomi dan karier jangka panjang guru, hingga kualitas pengajaran bagi peserta didik.


Keuntungan yang terakhir, kata Nadiem, program guru PPPK 2021 dapat menjadi alternatif rekrutmen bagi para guru honorer yang telah mengabdi di sekolahnya masing-masing. Terlebih, mereka sudah bertahun-tahun mengabdi, bahkan telah melewati batas usia seleksi (Calon Pegawai Negeri Sipil).


"Dengan adanya program ini, pemerintah membantu bapak atau ibu guru honorer yang telah mengabdi di sekolahnya selama bertahun-tahun dan sudah melewati batas usia persyaratan ujian seleksi CPNS," ujar Nadiem.


Sementara itu, Nadiem menjelaskan bahwa seleksi guru PPPK Tahun 2021 akan dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu di bulan Agustus, Oktober, dan Desember. Artinya, para honorer pun akan mendapatkan tiga kali kesempatan untuk mencoba mengikuti seleksi.


Baca Juga : Kabar Gembira dari Mas Nadiem untuk Guru Honorer Pelamar PPPK 2021, Alhamdulillah SELAMAT !


Baca Juga : MendikbudRistek Bawa Kabar Menyenangkan Kepada Seluruh Guru PNS dan Honorer, Insyallah Tersenyum Mendengarnya


Mantan Bos GoJek ini berharap program seleksi Guru PPPK 2021 dapat menjadi solusi atas masih kurangnya ketersediaan tenaga pendidik yang mencapai hingga 1 juta guru ASN di sekolah negeri.


"Besar harapan kami agar program ini dapat mengatasi tantangan kurangnya ketersediaan guru profesional. Selain itu, sejalan dengan semangat Merdeka Belajar, kami juga berharap program ini dapat meningkatkan jaminan kesejahteraan Ibu dan Bapak guru, garda depan pendidikan dan masa depan Indonesia," tutupnya.


Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran seleksi guru PPPK 2021 dapat dikunjungi melalui laman sscasn.bkn.go.id atau gurupppk.kemdikbud.go.id. Semoga berhasil! (Sumber: Kompas)