HEBOH! Sri Mulyani Tanya RI Negara Seperti Apa, Jawaban Siswa SMP Ini Bikin Tercengang -->

HEBOH! Sri Mulyani Tanya RI Negara Seperti Apa, Jawaban Siswa SMP Ini Bikin Tercengang

Sabtu, 10 Juli 2021

Opinirakyat.org -  Menteri Keuangan Sri Mulyani berdialog dengan beberapa siswa yang mengikuti program Kemenkeu Satu Negeri (Sani) periode tahun 2021. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani melakukan tanya jawab dengan para murid tentang Indonesia dan bercerita tentang perjalanan mereka mengikuti program tersebut.


Ada tiga siswa yang diajak dialog bersama, salah satunya Nathan, siswa kelas 2 SMP berasal dari Yogyakarta. Awalnya, Nathan ditanya mengenai keikutsertaannya di program Sani hingga akhirnya ditanya mengenai bayangannya tentang Indonesia.


"Waktu kamu dapat ilmu toleransi, dan ketemu teman-teman dari Sabang sampai Merauke bayangan kamu Indonesia negara yang seperti apa?" kata Sri Mulyani, Jumat (9/7/2021).


Sontak Nathan menjawab dengan antusias pertanyaan tersebut. Dia menjawab kagum dengan berbagai perbedaan yang ada dan uniknya alasan ia kagum karena belum pernah tinggal di berbagai wilayah tersebut.


"Waktu pertama saya excited ya bu, jujur belum pernah berkomunikasi dengan orang di luar Jawa atau Kalimantan karena saya juga pernah tinggal di Kalimantan selama 7 tahun. Terutama dari daerah timur seperti Papua dan Sumatera karena belum pernah tinggal disana," ujarnya sambil tersenyum ringan.


Sri Mulyani juga menanyakan pendapat Nathan mengenai toleransi. Nathan menjawab, manusia cenderung ingin berkumpul dengan manusia lain yang memiliki kesamaan padahal menurutnya tidak boleh seperti itu.


"Orang-orang cenderung merasa lebih ingin sama dengan mereka, bahkan itu udah sifat alami dari manusia. Tetapi itu yang harus kita bangun harus kita perbaiki, kita harus merasa toleransi, tidak hanya orang yang sama dengan kita, tapi harus menerima yang lain," jawab Nathan.


Mendengar jawaban Nathan, Sri Mulyani merasa jawaban tersebut jauh lebih bijak dan sangat mudah dimengerti. Dia juga memuji kemampuan berbicara Nathan mengenai toleransi.


"Hebat kelas 2 SMP sudah bisa bicara seperti itu. Kamu mengatakan manusia cenderung ingin berkumpul dengan yang sama dengan mereka. Kalau saya orang Jawa maunya kumpul dengan orang Jawa, terus kalau beda ah tidak nyaman bahkan merasa terancam, dan Indonesia terdiri sangat beragam. Luar biasa Nathan suatu pengalaman dan perspektif hidup yang luar biasa," pungkas Sri Mulyani.

(Sumber : Detik)