INILAH Daftar 6 Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMK atau SMA Sederajat, dari Kementan hingga Kemendikbud, Silahkan DICATAT -->

INILAH Daftar 6 Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMK atau SMA Sederajat, dari Kementan hingga Kemendikbud, Silahkan DICATAT

Jumat, 02 April 2021

Opinirakyat.orgDaftar 6 Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMK atau SMA Sederajat, dari Kementan hingga Kemendikbud -   Pemerintah membuka lowongan pendaftaran CPNS 2021 sebanyak 1.275.387 lowongan. Sedangkan formasi CPNS 2021 akan diumumkan pada akhir Maret.


Hal itu disampaikan dalam rapat kerja menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bersama Komisi II DPR pada hari Rabu, 24 Maret 2021.


Setelah pengumuman formasi CPNS 2021, pemerintah akan melaksanakan seleksi CPNS pada bulan April hingga Mei.


Tak hanya untuk lulusan strata satu (S1), seleksi CPNS tahun ini juga dibuka untuk lulusan SMA atau SMK sederajat.


Kendati demikian, tidak semua instansi pemerintahan membuka lowongan untuk SMA sederajat, hanya beberapa kementerian yang membukanya.


Dari data yang didapat pada tahun 2019, Kemenkumham membutuhkan formasi 3.532 khusus lulusan SMA/SMK sederajat, dengan rincian terdapat 2.875 formasi dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir.


Total formasi yang dibuka terdapat 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan untuk umum 2.774.


Kemungkinan dibuka lagi di tahun 2021. Untuk informasi lengkap hanya di laman resmi Kemenkumham https://cpns.kemenkumham.go.id.


2. Kejaksaan Agung


Pada 2019 Kejaksaan Agung membuka 2.000 formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat, dengan jabatan pengawal tahanan atau narapidana dan pengemudi kapten.


Dengan rincian 1000 formasi untuk pengawal tahanan atau narapidana dan 1000 untuk pengemudi kapten. Masing-masing diperlukan formasi putra/putri Papua sebanyak 2 orang dari 1000 formasi.


Informasi resmi hanya melalui laman https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.


3. Kementerian LHK


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka 80 formasi bagi para lulusan SMA sederajat pada tahun 2019 dengan jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi kehutanan.


Informasi lengkap cek di laman resmi KLHK https://ropeg.menlhk.go.id.


4. Kementan


Kementerian Pertanian membuka sebanyak 45 formasi pada 2019, dengan rincian untuk pelaksana pemula atau pemula paramedik karantina hewan sebanyak 26 orang, 9 orang dengan jabatan pelaksana pemula atau pemula paramedik veteriner, 2 orang untuk pelaksana atau pemula pengawas benih tanaman, pelaksana atau pemula pengendali organisme pengganggu tumbuhan 1 orang, pelaksana atau pemula paramedik pengawas mutu pakan 5 orang, dan 2 orang untuk pemeliharaan kebun.


Informasi laman resmi https://cpns.pertanian.go.id.


5. Kemendikbud


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka 11 formasi untuk lulusan SMA sederajat pada tahun 2019.


Dengan rincian, 3 formasi untuk pengadministrasian keuangan, 2 formasi untuk teknisi laboratorium, dan 6 formasi untuk teknis pemetaan dan penggambaran.


Informasi lengkap cek laman resminya https://cpns.kemdikbud.go.id.


Baca Juga : CATAT! Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA, D3, S1, Segera Cek Informasi Jadwal dan Formasi Seleksi Maret Nanti


Baca Juga : PPPK Tanpa TES, DPR dan Kepala Daerah Mendukung Penuh Guru Honorer! Selengkapnya


Baca Juga : Download GRATIS Kumpulan Soal Seleksi PPPK Guru 2021 + Kunci Jawaban Lengkap


6. BIN


Badan Intelijen Negara juga membuka untuk lulusan SMA sederajat. BIN membuka 200 formasi CPNS 2019 bagi yang berijazah SMA.


Dengan posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison, Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.


Sembari menunggu formasi resmi untuk CPNS 2021 tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri, di atas merupakan gambaran instansi yang dapat didaftar bagi para lulusan SMA. ***