SEGERA Cek Nomor ID di dtks.kemensos.go.id Pakai Kartu KIS dan Dapatkan Bansos Rp300 Ribu dari Kemensos -->

SEGERA Cek Nomor ID di dtks.kemensos.go.id Pakai Kartu KIS dan Dapatkan Bansos Rp300 Ribu dari Kemensos

Senin, 01 Februari 2021

Opinirakyat.org -   Pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS) sebaiknya pastikan nomor ID di dtks.kemensos.go.id  sebelum mendapatkan bantuan sosial (Bansos) Rp300 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos).


Perlu diketahui, sejak tanggal 4 Januari 2021 dengan kartu KIS pemerintah melalui Kemensos menyalurkan Bansos atau Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu.


Sementara itu, warga Indonesia yang punya kartu KIS dan berhak mendapat Bansos atau BST Rp300 ribu dari Kemensos adalah warga yang namanya tercantum dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Selanjutnya, warga Indonesia yang memiliki kartu KIS akan didaftarkan di DTKS sebagai penerima Bansos atau BST Rp300 dari Kemensos atau sebagai Penerima Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS).


Jika Anda memiliki kartu KIS dan ingin mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai salah satu penerima Bansos atau BST Rp300 ribu dari Kemensos, bisa langsung melakukan pengecekan nama penerima di laman dtks.kemensos.go.id.


Untuk melakukan pengecekan nama penerima BST Rp300 ribu khusus pemegang Kartu KIS, Anda hanya memerlukan nomor ID PBI JK/ KIS.


Sebagai informasi, BST Rp300 ribu ini akan diberikan secara tunai maupun non-tunai dari Kemensos kepada seluruh warga Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.


Khusus bagi pemegang Kartu KIS, selain mendapatkan BST Rp300 ribu Anda juga akan mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang adil menyeluruh tanpa membeda-bedakan status sosial.


Dulu Kartu KIS juga dikenal dengan nama kartu BPJS.


Adapun bagi mereka yang sudah memiliki Kartu KIS dan ingin mengecek apakah namanya masuk ke dalam daftar penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos atau tidak, bisa langsung mengikuti langkah pengecekan sebagai berikut:


  1. Buka aplikasi browser atau laman pencarian pada gawai Anda lalu akses laman dtks.kemensos.go.id.
  2. Identifikasi data diri dengan memasukkan NIK KTP atau e-KTP. Bisa juga memasukkan nomor ID PBI JK/ KIS.
  3. Isikan NIK KTP atau ID KIS.
  4. Isikan kolom nama dengan nama lengkap sesuai yang tercantum dalam KTP.
  5. Masukkan kode Captcha lalu klik Konfirmasi.
  6. Klik Cari Informasi Bansos.

Setelah mengklik Informasi Bansos, Anda kemudian akan diarahkan langsung ke laman yang menampilkan apakah nama Anda tercatat sebagai penerima BST Kartu KIS Rp300 ribu atau tidak.


Itulah cara bagi Anda para pemilik Kartu KIS untuk mengetahui apakah nama Anda tercantum sebagai penerima BST Rp300 ribu dari Kemensos atau tidak. Selamat mencoba!***