ALHAMDULILLAH Khusus Untuk BSU Guru Honorer Tahap 2, Ini Anggaran Kemendikbud Tahun 2021, Alhamdulillah Cek Nama Anda Disini ! -->

ALHAMDULILLAH Khusus Untuk BSU Guru Honorer Tahap 2, Ini Anggaran Kemendikbud Tahun 2021, Alhamdulillah Cek Nama Anda Disini !

Rabu, 24 Februari 2021

 

Opinirakyat.org  - Akhirnya terjawab nasib bantuan subsidi upah (BSU) guru honorer Rp1,8 juta tahun 2021.


Sebelumnya banyak pertanyaan dari para guru honorer apakah akan berlanjut bantuan untuk guru honorer di tahun 2021.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nadiem Makarim saat pemaparan mengatakan sejumlah anggaran di tahun 2021.


Katanya, Proporsi terbesar dari anggaran 2021 dari Kemendikbud adalah Rp81,5 triliun yang dikelola Kemendikbud berada di pendanaan wajib, yaitu sebesar Rp31,13 triliun.


Pendanaan wajib tersebut meliputi pembiayaan Program Indonesia Pintar untuk 17,9 juta siswa, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP) termasuk ADIK yang menargetkan 1.102 juta mahasiswa, tunjangan guru non-PNS dengan target sasaran 363.000 guru, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Bantuan Pendanaan PTN Badan Hukum (BPPTN-BH) Pendidikan Tinggi untuk 75 PTN, BOPTN vokasi untuk 43 PTN, serta pengembangan destinasi pariwisata untuk empat destinasi wisata.


Sementara untuk subsidi upah guru honorer tak disinggung atau tak dianggarkan.


“Alhamdulillah, kita bisa merealisasikan (anggaran) 91,61 persen,” ujar Pelaksana tugas (plt.) Sekretaris Jenderal, Kemendikbud, Ainun Na’im beberapa waktu lalu.


Sementara itu heboh di Medsos soal pencairan subsidi upah bulan Februari.


Pencairan BLT untuk guru / dosen dan tenaga pendidik honorer sebesar Rp1,8 Juta dilakukan hanya satu kali transfer atau satu tahap.


Sebelumnya, Prof Ainun Na'im, mengatakan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji para guru/dosen dan tenaga kependidikan honorer mulai dicairkan pada November dan Desember 2020.


Ia menambahkan para penerima akan mendapatkan kesempatan hingga 30 Juni 2021 untuk mengaktifkan rekening dan mencairkannya.


Cara cek info GTK Kemdikbud


1. Buka laman info GTK Kemdikbud resmi di alamat https://info.gtk.kemdikbud.go.id 2020.


2. Pilih 'Login Langsung ke GTK'.


3. Masukkan akun dan password PTK yang sesuai dengan Dapodik


4. Setelah berhasil login, layar akan menunjukkan informasi terkait BSU Kemdikbud, seperti nama bank penyalur. Artinya, pengguna berhasil lolos persyaratan untuk mendapatkan BSU.


Setelah berhasil dinyatakan lolos BSU Kemdikbud, peserta harus menyiapkan dokumen dan membawanya ke bank penyalur yang dituju. 







Penerima harus melakukan aktivasi rekening paling lambat 30 Juni 2021. Bila hingga batas waktu yang ditentukan tidak melakukan aktivasi, maka bank penyalur akan melakukan penutupan rekening dan dana dikembalikan ke kas negara.***


Sumber; portalsulut.pikiran-rakyat.com


Demikian info yang dapat kami sampaikan.