Alhamdulillah Bunda, Bantuan Kuota Belajar Ada Lagi, Segera Cek Rincian Paketnya DISINI -->

Alhamdulillah Bunda, Bantuan Kuota Belajar Ada Lagi, Segera Cek Rincian Paketnya DISINI

Kamis, 18 Februari 2021

Opinirakyat.org -  Pemerintah berencana memberikan kembali bantuan kuota belajar pada 2021 ini. Bantuan tersebut sebelumnya sudah pernah dilakukan tahun lalu dengan sejumlah paket tergantung dari jenjang pendidikan.


Pertama ada untuk Peserta Didik Jenjang PAUD sebesar 20GB per bulan. Rincian paket adalah 5GB untuk kuota umum dan 15GB kuota belajar, dikutip laman Kuota Belajar Kemdikbud, Rabu (17/2/2021).


Lalu ada pula untuk Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mencapai 35GB, dengan 5GB kuota umum serta kuota belajar 37GB. Sementara mahasiswa akan mendapatkan 50GB per bulan dibagi menjadi 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar.


Sedangkan tenaga pendidik dibagi menjadi dua. Ada untuk pendidik jenjang PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah mendapatkan 42GB per bulan untuk 5GB kuota umum dan 37GB kuota belajar.


Sementara itu dosen akan mendapatkan kuota dengan besaran yang sama seperti mahasiswa yakni 50GB per bulan. Kuota itu dibagi 5GB kuota umum dan kuota belajar 45GB.


Dalam laman itu dijelaskan yang dimaksud dengan kuota umum adalah kuota yang bisa digunakan mengakses seluruh laman dan aplikasi. Untuk kuota belajar dikhususkan bagi laman dan aplikasi pembelajaran.


Beberapa aplikasi laman dan aplikasi pembelajaran seperti Quipper, Zenius, dan Ruang Guru serta sejumlah website kampus Indonesia. Layanan video conference juga bisa diakses menggunakan kuota belajar, terdapat tujuh platform yang terdapat dalam daftar yakni Cisco Webex, Google Meet, Jitsi Meet, Microsoft Teams, Skype, U Meet Me dan Zoom.


Ihwal bantuan kuota belajar pada 2021 ini disebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat rapat dengan Komisi X DPR bulan Januari lalu. Dia mengatakan bantuan akan disalurkan untuk bulan Maret hingga Mei 2021.


"Dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021," kata Nadiem saat itu.


Baca Juga : Cek Sekarang! Nasabah BRI Bisa Dapatkan BLT UMKM Rp2,4 Juta, Ini Caranya


Baca Juga : REKAN-Rekan Semua, Segera Cek Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji 2021, Klik di Sini


Dia juga mengatakan bantuan pada tahun 2020 disalurkan untuk 35,59 juta orang yang terdiri untuk siswa, mahasiswa, pendidik dan dosen.