CATAT Baik-Baik! Ini Penyebab BLT UMKM BPUM Rp2,4 Juta Gagal Cair Meski e-KTP Sudah Terdaftar -->

CATAT Baik-Baik! Ini Penyebab BLT UMKM BPUM Rp2,4 Juta Gagal Cair Meski e-KTP Sudah Terdaftar

Kamis, 17 Desember 2020

Opinirakyat.org -  Banpres Produktif atau BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 sudah mulai disalurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Kemenkop UKM). Apabila ada yang dinyatakan lolos tapi saat verifikasi gagal cair, kemungkinan karena hal ini.


Saat pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM, tetapi sebagian pelaku UMKM tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak dapat bantuan tersebut.


Menurut Kemenkop UKM, dalam proses penyaluran, dari mulai pendaftaran hingga penerimaan BLT UMKM dilakukan secara transparan.


Selain itu Kemenkop juga menjelaskan, proses pengajuan usulan, pemeriksaan data dan verifikasi calon penerima bantuan dikoordinasikan dan dikawal oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


“Seluruh data pelaku UMKM melalui proses verifikasi dan validasi di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenkeu dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Calon penerima yang lolos diproses sebagai nominator sebelum ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro,” dikutip Fix Indinesia dari akun Instagram resmi @KemenkopUKM, Rabu 16 Desember 2020.


Maka bagi masyarakat pelaku UMKM perlunya verifikasi penerima dana BLT UMKM Rp2,4 juta. Adapun kriteria untuk verivikasi penerima BLT UMKM dari Kemenkop UKM yaitu:


1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha;


2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta


3. Selain persyaratan diatas tidak diperbolehkan mendapat Banpres Produktif untuk Usaha Mikro.


Sementara untuk cek penerima nama penerima dapat dilakukan lewat link eform.bri.co.id/bpum, berikut tahapannya:


1. Klik e-form BRI melalui link eform.bri.co.id


2. Klik BPUM (Cek Data BPUM)


3. Jendela Penerima BPUM UMKM akan terbuka


4. Masukkan NIK dan Kode Verifikasi


5. Klik ‘proses inqury’


6. Penerima akan mendapatkan informasi mengenai penerimaan BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta melalui SMS


7. Apabila Anda dinyatakan mendapatkan dana BPUM, bisa langsung melakukan pencairan di bank penyalur, dengan membawa dokumen penting agar uangnya bisa langsung cair ke rekening.


Jika pelaku UMKM telah dinyatakan mendapatkan bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta segera cairkan dananya di bank penyalur yakni Bank BRI, BNI, dan BNI Syariah, dengan membawa dokumen penting.


Jika ada data yang tidak tepat atau indikasi penyalahgunaan, para pelaku UMKM dapat ikut serta mengawasi dan melaporkan ke call center KemenkopUKM di nomor 1500587.