ALHAMDULILLAH Bonus Pensiunan PNS Cair Awal Januari 2021, Cukup Siapkan 3 Dokumen Ini Untuk Pencairan, Cek DISINI -->

ALHAMDULILLAH Bonus Pensiunan PNS Cair Awal Januari 2021, Cukup Siapkan 3 Dokumen Ini Untuk Pencairan, Cek DISINI

Selasa, 22 Desember 2020


Opinirakyat.org -  Kabar bahagia untuk para Pegawai Negeri Sipil ( PNS) di tanah air, terlebih bagi para pensiunan PNS dan Ahli Waris.


Berikut ini kami sajikan informasi selengkapnya proses pengembalian Dana Tabungan Perumahan PNS.


Terkhusus PNS Aktif, uang tersebut akan digunakan sebagai saldo aktif awal peserta BP Tapera.


Artinya tidak ada dana atau uang tunai yang akan kembalikan ke rekening PNS yang masih aktif bekerja.


Sedangkan untuk pensiunan PNS dan ahli waris PNS yang sudah meninggal dunia, uang tersebut akan langsung ditransfer ke rekening penerima.


Terbaru, BP Tapera memastikan proses pencairan tersebut akan muali dilakukan Januari 2021.


Hal tersebut sesuai Pengumuman No. 10/PENG/BP-TPR/II.1/12/2020.


Yang menegaskan sehubungan dengan berkembangnya informasi yang beredar mengenai pengembalian dana Taperum kepada PNS Pensiun dan Ahli Waris, dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut:


-BP Tapera adalah Badan yang dibentuk oleh Undang-Undang No. 4 Tahun 2016 untuk mengelola dana dan kepesertaan Tapera.


Langkah awal pengelolaan dana dan kepesertaan Tapera berasal dari Tabungan Perumahan (Taperum) milik PNS yang sebelumnya menjadi peserta Bapertarum-PNS.


- Sejak Bapertarum-PNS dibubarkan tanggal 23 Maret 2018 seluruh tabungan beserta pemupukannya telah dikembalikan kepada PNS yang pensiun periode Terhitung Mulai Tanggal (TMT) bulan April 2019.


Dana Taperum PNS yang dikembalikan tersebut telah memperhitungkan manfaat bantuan yang pernah diterima selama menjadi Peserta Bapertarum-PNS.


- Pengembalian dana Taperum untuk PNS yang pensiun periode TMT sejak bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Desember 2020 akan dilaksanakan oleh BP Tapera bekerja sama dengan PT Taspen (Persero), setelah proses verifikasi dan validasi data serta penghitungan saldo individu PNS Pensiun.


- Pengembalian dana Taperum PNS tersebut di atas akan dilaksanakan mulai awal Januari 2021 melalui proses transfer langsung ke nomor rekening milik PNS Pensiun.


Sebagaimana yang dilakukan oleh PT Taspen (Persero) dalam melakukan pembayaran pensiun, sehingga PNS Pensiun tidak perlu datang untuk melakukan verifikasi ke kantor layanan.


- Bagi Ahli Waris PNS Pensiun yang datanya sudah tidak tercatat pada basis data PT Taspen (Persero), proses pengembaliannya akan kami laksanakan bekerja sama dengan Perbankan, Kementerian/Lembaga dan institusi terkait lainnya.


Dengan demikian, kami informasikan kembali bahwa proses pengembalian dana Taperum kepada PNS Pensiun dan Ahli Waris tidak memerlukan kehadiran secara langsung (tatap muka) di kantor BP Tapera.


Sekiranya masih terdapat pertanyaan dan penjelasan yang diperlukan, Bapak/Ibu dapat menghubungi layanan informasi Salam Tapera pada


Call Center: 021-156


Email: [email protected]


Whatsapp: 08118-156-156.


Untuk mencairkan dana tabungan tersebut siapkan 3 dokumen berikut sebagai syarat wajib :


  1. Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  2. Surat Keputusan ( SK ) Pensiun
  3. Nomor Rekening Bank Aktif

Link Download Surat Pernyataan Formulir Pencairan Dana Taperum Pensiunan PNS KLIK DISINI


Merujuk PMK Nomor 122/2020, berikut ketentuan pengembalian dana Taperum bagi pensiunan PNS maupun ahli waris:


- Pengembalian dana Taperum PNS yang sudah berhenti bekerja karena pensiun atau kepada ahli warisnya jika PNS meninggal dunia dilaksanakan paling lama 3 tahun sejak BP Tapera menerima pengalihan Dana Taperum PNS.


- Dalam hal setelah jangka waktu 3 tahun masih terdapat Dana Taperum PNS yang belum berhasil dikembalikan, BP Tapera menyimpan Dana Taperum PNS tersebut dalam rekening tersendiri dengan tetap mengusahakan pengembaliannya.


- Dalam rangka mengusahakan pengembalian Dana Taperum PNS, BP Tapera menyediakan dan memperbarui informasi yang dapat diakses oleh PNS yang telah berhenti bekerja karena pensiun atau oleh ahli warisnya jika PNS meninggal dunia. (Sumber : https://fotokita.grid.id/)


Informasi tersebut meliputi:


  1. Nama PNS yang telah berhenti bekerja karena pensiun atau meninggal dunia
  2. Jumlah uang hak pengembalian Dana Taperum PNS
  3. Status pengembalian Dana Taperum PNS.

Demikian informasi yang dapat opinirakyat.org berikan, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan PNS Semua.