SEGERA Daftar SIM Online untuk Perpanjangan SIM A dan C, Langsung Klik Alamat Ini -->

SEGERA Daftar SIM Online untuk Perpanjangan SIM A dan C, Langsung Klik Alamat Ini

Jumat, 13 November 2020

Opinirakyat.org -  Salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki bagi pengemudi kendaraan adalah SIM (Surat Izin Mengemudi). SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.


Kewajiban memiliki SIIM bagi mereka yang mengemudikan kendaraan diatur dalam Pasal 77 (1) Undang-undang No. 22 Tahun 2009. SIM harus sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.


Di Indonesia, ada dua jenis SIM yaitu untuk kendaraan bermotoro pribadi dan kendaraan bermotor umum. Namun, secara garis besar, ada SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D.


Kini, di masa pandemi, Korlantas Mabes Polri membuat terobosan dengan pelayanan pembuatan SIM secara online, baik itu bikin baru maupun perpanjangan. Bagi yang ingin memperpanjang SIM, perhatikan 2 hal ini.


1. Permohonan perpanjang SIM wajib dilakukan sebelum masa berlakunya SIM berakhir. Pendaftaran perpanjangan masa berlaku SIM bisa dilakukan sejak 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis. Misalnya, SIM habis tanggal 14 November 2020. Maka, pengajuan bisa dilakukan sejak tanggal 1 November 2020.


2. Apabila pengajuan melewati sehari masa berlaku, maka permintaan akan diproses pada pembuatan SIM baru. Misalnya, masa berlaku SIM hingga 14 November 2020 tapi Anda mendaftar pada 15 November 2020. Maka, prosesnya seperti membuat SIM baru.'


Setelah memastikan tanggal untuk mendaftar perpanjangan, kini Anda tinggal daftar secara online. Caranya sebagai beritkut.


1. Buka website Korlantas Polri dan pilih menu pendaftaran SIM online. Selanjutnya, klik opsi Perpanjangan SIM pada kolom isian jenis permohonan. Atau, bisa langsung klik alamat ini https://sim.korlantas.polri.go.id/simonline-registrasi/


2. Isi seluruh kolom isian pada formulir permohonan perpanjang SIM.


3. Masukkan kode verifikasi, lalu klik tombol kirim. Pada tahap ini, Anda sudah selesai registrasi. Bukti registrasi akan dikirimkan ke email nantinya.


4. Lakukan pembayaran pengajuan perpanjang SIM di EDC, ATM, atau teller bank BRI. Untuk tarifnya, biaya perpanjangan SIM A adalah Rp80.000, SIM C Rp75.000. Di luar itu, ada biaya tambahyan yaitu asuransi Rp50.000 dan biaya kesehatan Rp40.000.


Setelah pendaftaran secara online sudah dilakukan, segera siapkan berkas-berkas berikut untuk mendapatkan SIM-nya.


1. SIM yang masih berlaku


2. KTP asli atau Suket (Surat keterangan pengganti KTP) yang masih berlaku serta 2 fotokopi KTP/Suket.


3. Bukti registrasi dan bukti pembayaran.


Apabila semua berkas sudah siap, Anda tinggal datang ke satuan penyelenggara administrasi SIM. Bisa ke polres terdekat, gerai SIM, atau mobil SIM keliling. Untuk gerai SIM dan mobil SIIM keliling hanya berlaku untuk perpanjangan SIM A dan C saja.


Serahkan berkas-berkas tadi untuk diverifikasi. Setelah dinyatakan lolos, Anda akan dipanggil untuk pengambilan foto. scan sidik jari, dan tanda tangan. SIM pun beres.


Ingat, karena masih dalam masa pandemi, tetap terapkan 3M saat datang ke satpas. Pakai masker atau faceshield, cuci tangan, dan jaga jarak.