KABAR Gembira ! Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka: Berikut Kuota, Syarat Pendaftaran Hingga Tipsnya -->

KABAR Gembira ! Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka: Berikut Kuota, Syarat Pendaftaran Hingga Tipsnya

Rabu, 11 November 2020

Opinirakyat.org -   Kabar gembira,  Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil akan dibuka pada Maret 2021. Hal tersebut di karenakan ada penundaan jadwal pendaftran karena pandemi Covid-19.


Sebelumnya, beberapa kementerian dan lembaga telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 pada Jumat kemarin, 30 Oktober 2020.


Untuk pengumuman hasil seleksi CPNS 2019 bisa dicek melalui laman resmi instansi yang dilamar. Atau bisa juga diakses melalui artikel "Link Lengkap Pengumuman Lolos CPNS 2019 BKN".


Adanya penundaan jadwal ini menjadi kesempatan bagus untuk mempersiapkan diri agar dapat lolos seleksi.


untuk diketahu bahwa formasi dalam PNS ini meliputi lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia formasi bagi lulusan SMA dan D3.


sementara itu, terdapat syarat-syarat umum yang ditujukan ke seluruh pelamar seleksi CPNS 2021. Berikut syarat-syaratnya.


  • Berusia 18-35 tahun saat melamar
  • Tidak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS, prajurit TNI atau anggota Polri. Serta tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Bukan merupakan PNS, prajurit TNI dan anggota Polri
  • Bukan merupakan anggota partai, pengurus partai dan tidak terlibat dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatanSehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah

  • Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK minimal 2,75 untuk lulusan D3, 3,00 untuk S1 dan 3,20 untuk lulusan S2.
    • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan
    • Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi
    • Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/ TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5)
    • Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.

    Bagi Anda yang akan berjuang di CPNS 2021 berikut tips yang harus anda lakukan sembari menunggu jadwal pendaftaran.


    Pertama, Dapatkan informasi resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dqn Reformasi Birokasi (KemenPAN RB).


    Kedua, Daftarkan diri untuk membuat akun pendaftar di website yang sudah disediakan. Perhatikan dengan baik dalam pengisian data diri agar tidak salah identitas.


    Ketiga, ikuti ujian dengan 4 tahapan yaitu administrasi, ujian SKD, ujian SKB dan pemberkasan.



    Ini ujian yang akan Anda terima secara bertahap dan sesuai dengan kelolosan.


    Setelah Anda lolos melampaui 4 tahap tersebut maka Anda bisa dinyatakan diterima sebagai ASN 2021.


    Jika Anda ingin lolos tahap ujian dengan baik maka disarankan untuk belajar uji materi try out yang akan diujikan.


    Diberitakan sebelumnya rekrutmen CPNS tahun 2021 akan lebih besar jumlahnya karena tahun ini tidak ada pembukaan seleksi CPNS akibat pandemi Covid-19. 


    "Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kemenpan-RB, Andi Rahadian, pekan lalu.